13 Makanan yang Dianjurkan Dikonsumsi Untuk Menghambat Penyebaran Kanker Payudara

13 Makanan yang Dianjurkan Dikonsumsi Untuk Menghambat Penyebaran Kanker Payudara

Makanan yang Dianjurkan Dikonsumsi Untuk Menghambat Penyebaran Kanker PayudaraTanpa disadari makanan tidak sehat sangat mudah sekali ditemukan di era sekarang. Masyarakat juga sudah beralih mengkonsumsi makanan cepat saji yang belum diketahui kadar gizinya. Semakin maraknya makanan kurang sehat yang dijual dipasaran, menyebabkan resiko kanker payudara semakin tinggi. Untuk itu sangat diperlukan makanan sehat agar penyebaran sel kanker payudara dapat dicegah.

Buah Hawthorn

            Buah yang tergolong dalam jenis berry ini mudah diserap oleh tubuh. Buah ini kaya akan vitamin C yang diperlukan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Bahkan di Eropa, buah Hawthorn sudah dikenal secara luas sebagai pengobatan efektif bagi penderita jantung.

Jamur Hericium

Jamur jenis ini jarang terdengar di telinga kita. Namun, baru-baru ini hasil penelitian mengemukakan bahwa tanamann yang bisa dijumpai di daratan Amerika Utara, Eropa dan Asia ini mengandung polisakarida dan polipeptida. Zat-zat tersebut sangat diperlukan dalam menghambat sel-sel kanker payudara. Sistem imunitas tubuh akan meningkat apabila penderita mengkonsumsi jamur ini karena dapat meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh.

Wortel

            Karoten yang terdapat pada wortel akan diolah menjadi vitamin A di dalam tubuh manusia. Vitamin A mampu mempertahankan fungsi jaringan epitel dan menjaga struktur normal jaringan pada manusia. Perkembangan sel kanker payudara dapat dicegah karena karsinogen kesulitan masuk dalam jaringan tubuh. Sebelum mengkonsumsi wortel, ada baiknya dibersihkan dan dimasak terlebih dahulu agar karoten mudah diserap.

Bawang Putih

            Bawang putih dikategorikan sebagai makanan kondusif bagi penderita kanker payudara. Bahan makanan yang biasanya diolah sebagai bumbu dapur ini dapat membantu pemulihan. Kandungan selenium yang cukup tinggi sangat membantu terhadap pencegahan berkembangnya sel kanker. Pencegahan terbaik bisa dirasakan ketika rutin mengkonsumsi bawang putih mentah.

Asparagus

            Tanaman yang sangat enak dibuat sup ini mengandung banyak zat baik, tidak hanya untuk pencegahan, namun juga memulihkan kanker payudara. Zat yang terkandung dalam asparagus, antara lain protein, asam folat, asam nukleat dan beberapa zat lan. Terutama kandungan asam folat dan asam nukleatnya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada saat yang sama.

Kentang Rebus atau Kukus

            Kentang termasuk dalam tumbuhan umbi-umbian. Umbi ini mampu menyediakan energi yang dibutuhkan penderita kanker untuk memulihkan kondisi tubuh. Apalagi saat penderita kanker payudara telah menjalani kemoterapi, pasti tubuh dalam kondisi lemah sehingga memerlukan asupan energy yang cukup banyak. Cara terbaik mengolah kentang untuk penderita kanker payudara adalah dengan dikukus atau direbus. Boleh juga menambahkan sedikit garam saat mengukus atau merebus agar tidak terasa hambar.

Kacang Panjang

            Kacang panjang bisa dikonsumsi oleh penderita kanker payudara dengan cara ditumis atau direbus. Sayuran ini termasuk dalam salah satu menu sehat yang dapat digunakan untuk mencegah kanker payudara.

Daging Tanpa Lemak

            Lemak yang ada pada daging dapat mengakibatkan pertumbuhan sel kanker payudara menjadi lebih cepat. Untuk itu bagi penderita yang sedang menjalani perawatan kemoterapi biasanya disarankan mengkonsumsi daging yang memiliki kadar lemak dan kolesterol rendah. Bila perlu tanpa lemak sama sekali. Maka dari itu ketika membeli daging, pilihlah bagian yang kandungan lemaknya sedikit.

Ikan-ikanan

            Salah satu sumber protein terbesar ada pada ikan. Namun ikan yang dimasak adalah ikan yang masih segar dan memiliki kualitas baik. Ikan tersebut juga harus kaya akan nutrisi, seperti ikan tuna dan ikan salmon.

Telur

            Bagian telur yang sangat baik dikonsumsi penderita kanker payudara adalah putih telur. Selain mudah dicerna, putih telur kaya akan protein yang dibutuhkan tubuh saat pemulihan. Dengan protein, maka daya tahan tubuh penderita akan bertambah. Sehingga akan tetap menguatkan tubuh penderita setelah menjalani kemoterapi.

Gandum

            Mengkonsumsi gandum adalah pilihan tepat bagi penderita kanker payudara. Biasanya penderita disarankan untuk melakukan diet makanan saat menjalani atau setelah menjalani perawatan. Gandum menjadi makanan sehat yang baik untuk tubuh daripada nasi. Fungsinya sebagai penyumbang energi dalam tubuh. Namun perlu diingat jangan mengkonsumsi secara berlebihan.

Minum Susu

            Penderita kanker payudara sangat danjurkan selalu minum susu. Ini bertujuan agar penderita mendapatkan energy yang cukup, apalagi saat pemulihan. Jangan takut berat badan bertambah! Karena setiap kandungan yang terdapat pada susu diperlukan oleh tubuh.

Konsumsi Madu Lebah

Madu merupakan bahan pemanis alami berasal dari nektar bunga dan sudah banyak dijual dipasaran. Dalam madu terkandung zat glukosa, fruktosa, enzim diastase dan invertase. Dalam dunia pengobatan, madu bermanfaat sebagai antikanker karena kandungan royal jelly dapat mengatur fungsi sel dan menormalkan kerja fungsi tubuh. Bee pollem yang dikumpulkn oleh lebah mengandung betakaroten yang cocok untuk regenerasi sel sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

Mengkonsumsi makanan sehat dapat menghambat penyebaran sel-sel kanker payudara. Hidup dengan mengkonsumsi makanan sehat tubuh akan lebih mudah melawan sel kanker. Sehingga tidak perlu menjalani perawatan yang mengeluarkan banyak biaya.

Informasi Terkait Cara Mengatasi Kanker, Tumor, Kista, Miom:

/* */
%d bloggers like this: