6 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Kanker Payudara Bagi Penderita

6 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Kanker Payudara Bagi Penderita

6 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Kanker Payudara Bagi Penderita, Kanker payudara bukan hanya menjadi masalah kesehatan bagi penderita. Ada serangkaian masalah yang akan mengikuti penderita itu sendiri. Perasaan tidak nyaman terhadap lingkungan sekitar membuat penderita merasa terbebani. Untuk itu bergabung dengan komunitas sangat diperlukan agar penderta tidak mengalami kecemasan terhadap masalah yang mungkin akan timbul. Berikut ini ada beberapa manfaat bergabung dalam komunitas kanker payudara.

Mendapatkan Dukungan dan Motivasi

            Menderita penyakit kronis, seperti kanker payudara nyatanya membuat pasien banyak yang merasa minder. Tak jarang perubahan baik secara mental maupun fisik membuat hati mereka terluka. Terlebih lagi serangkaian perawatan dan pengobatan yang dijalani terasa melelahkan. Sehingga banyak pasien yang merasa putus asa dan sedih berkepanjangan.

Dengan bergabung menjadi anggota komunitas dapat membantu pasien untuk berangsur mendapatkan kepercayaan dirinya kembali. Tentu saja keinginan sembuh dan menjalani pengobatan akan mendapat dukungan dari anggota lain. Pasien akan mendapatkan motivasi dari teman-teman komunitas karena mereka juga pasti memahami apa yang dirasakan oleh pasien.

Berbagi Ilmu dan Pengalaman Menarik

            Komunitas kanker payudara yang telah terbentuk di berbagai negara, tidak hanya beranggotakan orang yang terserang penyakit. Komunitas ini juga dipenuhi oleh orang sehat yang peduli terhadap penderita kanker payudara, orang yang pernah menderita payudara bahkan orang yang sedang dalam masa pengobatan sekalipun. Pada beberapa komunitas juga beranggotakan para ahli dalam kasus penyakit kronis ini.

Setiap anggota komunitas berhak berbagi ilmu dan pengalaman menarik. Ada banyak hal yang baik dan buruk untuk dibagikan kepada anggota yang lain. Dengan berbagi, maka seluruh anggota akan mendapatkan manfaat dengan bergabung dalam komunitas. Anggota juga dapat belajar dari pengalaman-pengalaman yang disampaikan oleh anggota lain.

Mengemukakan Pertanyaan-pertanyaan

            Selain dengan dokter spesialis, penderita kanker payudara dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam pikiran. Sejauh ini banyak penderita yang masih awam dengan penyakit mematikan tersebut. Terlebih lagi bila pasien tiba-tiba divonis terserang kanker payudara pasti akan muncul banyak pertanyaan di benaknya. Banyak pasien yang merasa malu bila bertanya kepada dokter spesialis mereka secara detail.

Dalam komunitas, penderita kanker payudara tidak perlu merasa malu bertanya. Hal ini akan lebih mudah karena beberapa anggota ada yang mengalami hal serupa. Nasib yang sama, membuat penderita bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara lugas tanpa menyakiti orang lain. Penderita biasanya akan merasa lebih puas karena bisa mengeluarkan uneg-uneg yang berkeliaran di kepala.

Menambah Teman

            Selain mendapatkan pengalaman menarik, secara tidak langsung bergabung dengan komunitas akan menambah teman. Penderita akan bertemu dan bercakap dengan banyak orang sehingga tidak akan merasa sendiri. Teman yang berasal dari berbagai kalangan akan membuat pasien terhibur dan semangat menjalani hidup.

Kehadiran teman-teman baru akan memberikan energi positif terhadap penderita. Penderita lebih merasa berarti dan siap menjalani pengobatan karena banyak teman yang menemaninya. Sembuh dari kanker payudara memang bukan hal yang mudah. Bukan hanya keluarga, teman yang baik akan turut membantu penderita melewati masa-masa sulit.

Melatih Komitmen dan Tanggung Jawab

            Para anggota komunitas payudara sangat memahami apa yang dirasakan pasien menjalani pengobatan agar cepat sembuh. Dengan begitu akan muncul tanggung jawab kepada anggota lain untuk memberi dukungan moral. Komiitmen positif dalam hal membantu orang lain dapat memberi motivasi yang cukup bagi penderita.

Komunitas ini akan membantu penderita menjalani serangkaian pengobatan agar sembuh dari penyakitnya. Komitmen dan tanggung jawab juga dapat mempengaruhi sikap. Para anggota akan menambah rasa empati dan simpati pada sesama. Jiwa sosial untuk menolong orang lain yang kesulitan juga akan terbentuk dalam diri.

Membantu Pengobatan Secara Finansial

Saat ini memang pemerintah telah mencanangkan program Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk keluarga tidak mampu dan BPJS kesehatan untuk asuransi subsidi pemerintah yang harus membayar iuran setiap bulan sesuai dengan kelas yang didaftarkan. Tapi, nyatanya fasilitas yang diberikan pemerintah tersebut tidak bisa digunakan sepenuhnya karena ada beberapa obat atau perawatan yang tidak dicover. Sehingga pasien harus membayar dalam tagihan tersendiri.

Beberapa komunitas peduli kanker payudara, sering kalii melakukan aksi amal untuk membantu para penderita kanker payudara. Donasi yang diberikan kepada pasien kurang mampu diharapkan dapat membantu secara finansial. Donasi yang diberikan bisa dalam bentuk apa saja, tapi akan lebih membantu jika dalam bentuk uang mengingat biaya yang dibutuhkan sangat besar. Untuk mendapatkan bantuan dari komunitas, biasanya diperlukan beberapa syarat admnistratif yang menunjukkan bahwa pasien benar-benar berasal dari keluarga kurang mampu. Hal tersebut dilakukan agar tepat sasaran.

Banyak manfaat yang didapatkan dengan bergabung dalam komunitas kanker payudara. Komunitas tersebut akan memberi efek positif pada penderita sehingga tidak perlu merasa aneh atau tertekan karena penyakit yang dideritanya. Pikiran sehat dan positif diperlukan untuk kesembuhan penderita.

Informasi Terkait Cara Mengatasi Kanker, Tumor, Kista, Miom:

%d bloggers like this: