7 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Pemicu Tumbuhnya Kanker Payudara

7 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Pemicu Tumbuhnya Kanker Payudara

Kebiasaan Buruk yang Menjadi Pemicu Tumbuhnya Kanker Payudara, Memiilih gaya hidup sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Namun tak jarang manusia memilih kebiasaan hidup yang kurang baik sehingga berakibat buruk bagi kesehatan. Kebiasaan buruk tersebut malah memberikan penyakit berbahaya, seperti kanker payudara. Berikut ini beberapa kebiasaaan buruk yang dapat memicu tumbuhnya kanker payudara:

Merokok dan Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

            Sudah banyak penelitian dan anggapan ahli mengenai bahaya rokok. Aktifitas merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Tak perlu menunggu menopause, merokok dapat memicu berkembangnya sel kanker payudara pada wanita premenopause bahkan di usia yang masih belia.

Mengkonsumsi minuman beralkohol dua hingga lima gelas perhari dapat memicu pergerakan sel kanker payudara. Kebiasaan buruk ini dapat meningkatkan resiko sebesar 15% wanita menderita kanker payudara.

Mengkonsumsi Pil KB

Wanita yang mengkonsumsi pil KB memiliki resiko lebih tinggi untuk terserang kanker payudara daripada wanita yang tidak mengkonsumsinya. Kandungan esterogen pada pil KB dapat memicu berkembangnya sel kanker payudara, meskipun memang obat tersebut ampuh untuk mencegah kehamilan. Dosis hormon esterogen yang diberikan bisa mempercepat tumbuhnya sel kanker pada payudara wanita. Biasanya dosis tinggi hanya akan diberikan apabila siklus menstruasi tetap tidak bisa dikendalikan meskipun telah mengkonsumsi pil KB lain.

Apabila dihitung, sangat sedikit wanita yang menggunakan pil KB dengan dosis tinggi. Namun beberapa penelitian menyebutkan bahwa resiko kanker payudara akan menghilang setelah 10 tahun berhenti mengkonsumsi pil KB. Berkat kemajuan teknologi, saat ini tersedia pil KB menggunakan dosis rendah sehingga dapat menekan resiko terserang kanker payudara. Esterogen dosis rendah juga memiliki efek samping yang ringan tidak seperti pil KB berdosis tinggi.

Gemar Makanan Junk Food

            Hobi makan junk food ternyata tidaklah memberi efek positif pada tubuh. Makanan cepat saji ini tergolong makanan tidak sehat dan memiliki kandungan sedikit nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Rendahnya nutrisi menjadi penyebab junk food menjadi pemicu utama kanker payudara. Junk food memiliki kalori, gula, garam dan lemak dalam jumlah tinggi. Tentu saja hal ini dapat menimbulkan kegemukan dan masalah kesehatan apabila dikonsumsi terus-menerus.

Makan Saat Tengah Malam

            Kebiasaan yang sering dilakukan wanita adalah makan atau ngemil. Ngemil dianggap wanta sebagai cara efektif untuk mengobati rasa stress. Segala pelampiasan emosi biasanya akan diluapkan dengan cemilan. Hal tersebut sah saja dilakukan asal tidak berlebihan mengingat kondisi stress yang tidak teratasi bisa berakibat depresi. Sehingga wanita perlu meluapkan kekesalan dan kegelisahannya dengan cara yang baik.

Kebiasaan tersebut bisa menjadi buruk apabila dilakukan saat malam hari. Ini karena makan atau ngemil saat tengah malam dapat memicu kanker payudara. Kadar glukosa yang mengalir dalam tubuh akan meningkat karena saat malam hari glukosa tidak berubah. Kadar tinggi glukosa akan menetap. Berbeda dengan siang hari, glukosa dapat diubah menjadi energi. Pada siang hari, kerja metabolisme meningkat dibandingkan dengan malam hari.

Suka Makanan Berlemak dan Seafood

            Bagi yang suka makanan berlemak atau segala bentuk olahan seafood, sebaiknya pikirkan kembali asupan makanan anda! Makanan berlemak tidak hanya memicu obesitas, namun juga dapat memicu berkembangnya sel kanker payudara pada wanita. Tidak hanya kenaikan berat badan secara drastis, lemak dalam seafood mengandung kolesterol yang sangat berbahaya bagi tubuh. Ketika kenaikan berat badan terjadi saat menopause, justru akan meningkatkan resiko terserang kanker payudara.

Dalam tubuh sel-sel lemak bergerak aktif menghasilkan hormon-hormon yang mengalir bersama aliran darah. Berlebihan mengkonsumsi makanan berlemak dapat mengubah hormon esterogen. Sel lemak juga dapat merusak sel yang berfungsi untuk kekebalan tubuh sehingga dapat menimbulkan peradangan.

Bekerja pada Malam Hari

            Tanpa disadari, keasyikan bekerja pada malam hari dapat menimbulkan masalah besar di kemudian hari. Ini tidak hanya berlaku bagi wanita yang begadang saja, namun juga wanita pekerja yang memiliki jam kerja secara shift. Bukan hanya menggangu tubuh, secara fisik wanita juga akan merasa kurang tidur dan cepat lelah. Bila dilakukan terus menerus bisa memicu sel kanker payudara menjadi aktif.

Aktifnya sel kanker payudara disebabkan adanya gangguan kerja hormon. Salah satu hormon yang dapat terganggu adalah melatonin. Ini dipengaruhi oleh perubahan jam tidur malam. Kasus ini sering diijumpai pada penderita kanker payudara. Sehingga wanita yang memiliki jam bekerja pada malam hari lebih beresiko terserang kanker payudara daripada yang bekerja pada siang hari.

Jarang Melakukan Aktifitas Fisik

            Setelah menopause, maka kondisikan tubuh tetap bugar dengan melakukan aktifitas fisik, seperti berolahraga secara teratur. Beraktifitas fisik dapat mencegah kegemukan yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Tidak perlu beraktiftas berat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Banyak aktifitas lain yang bisa dikerjakan, misalnya bersih-bersih rumah, jalan kaki, berkebun, bermain dengan anak-anak, mencuci baju dan lain-lain.

Agar terhindar dari kanker payudara, sebaiknya ubah kebiasaan buruk menjadi melakukan hal baik yang berguna bagi kesehatan diri sendiri. Mengubah pola gaya hidup dapat akan menurunkan resiko kanker payudara. Kesehatan diri sendiri dijaga oleh diri sediri, bukan orang lain.

Informasi Terkait Cara Mengatasi Kanker, Tumor, Kista, Miom:

%d bloggers like this: