Definisi Kanker Payudara yang Menjadi Momok Wanita Dewasa

Definisi Kanker Payudara yang Menjadi Momok Wanita Dewasa

Banyak wanita yang telah mendengar tentang penyakit kanker payudara. Namun tak banyak yang benar-benar memahami seperti apa penyakit mematikan tersebut. Bahkan tanpa disadari bisa saja wanita yang terlihat sehat mengidap kanker tersebut. Melalui artikel ini akan dibahas mengenai definisi kanker payudara agar wanita lebih berhati-hati.

Kanker payudara merupakan jenis penyakit yang dapat menyerang dan merusak jaringan payudara. Sesuai dengan namanya, kanker tersebut terletak pada bagian payudara. Penyakit ini tergolong penyakit berbahaya yang ditakuti para wanita. Meski bisa saja menyerang pria, namun resiko lebih besar terjadi pada wanita. Penyakit ini dimasukkan dalam International Classification of Diseases (ICD) oleh WWorld Health Organization (WHO).

Kanker sendiri diartikan sebagai suatu kondisi saat sel-sel yang ada pada tubuh tidak mampu mengendalikan pertumbuhannya. Sel-sel akan terus bereproduksi hingga jumlahnya tak terhitung atau melampaui batas normal. Perkembangan abnormal pada sel-sel tersebut mengakibatkan munculnya kanker. Kemungkinan terjadi kanker payudara disebabkan oleh adanya faktor genetik yang diturunkan orang tua ke anaknya.

Sementara kanker payudara merupakan sel-sel yang tumbuh dan berkembang diluar batas kewajaran pada jaringan payudara. Sel-sel tersebut tumbuh menjadi tumor ganas. Tumbuhnya kanker jenis ini bisa dari bagian kelenjar susu, jaringan lemak, saluran susu maupun jaringan ikat yang terletak pada payudara. Keseimbangan antara diferensiasi, poliferasi dan kematian sel payudara memiliki peran penting pada proses perkembangan sel. Gangguan keseimbangan mengakibatkan terjadinya kanker payudara.

Dalam kasus ini, esterogen receptor berperan penting dalam pertumbuhan sel. Ada dua jenis esterogen reseptor di dalam tubuh manusia, yaitu ERα dan ERβ. Letak kedua esterogen tersebut berbeda dan sering kali menjadi salah satu alternatif pengobatan kanker payudara. Caranya adalah dengan menghambat perkembangan atau aktivitas ERα (Esterogen Receptor alpha). Selain itu, kanker payudara juga diartikan sebagai penyakit neoplasma yang ganas berasal dari parenchyma.

Kanker payudara berbentuk tumor ganas ini akan menyerang jaringan payudara yang berasal dari saluran kelenjar, kelenjar dan jaringan-jaringan penunjang payudara. Gen yang mengatur pertumbuhan dan diferensiasi mengalami kerusakan Sehingga sel-sel tumbuh dan berkembang biak tanpa terkendali.

American Joint Committee on Cancer (AJCC) telah menggolongkan kanker payudara menggunakan sistem TNM (Tumor Size, Node dan Metastase). Sistem ini dinilai dari tiga faktor, yaitu ukuran tumor, kelenjar betah bening regional, dan penyebaran jauh. Setiap penggolongannya mengandung kode tertentu yang mengindikasikan seberapa besar ukuran atau penyebarannya, seperti T 0 saat tidak ditemukan adanya tumor primer, T1 untuk ukuran tumor berdiameter 2 cm, N0 berarti tidak terdapat metastasis pada kgb regional di ketiak, N2 mengindikasikan terdapat metastasis ke kgb aksilla yang susah digerakkan, dan Mx untuk mengindikasikan metastasis jauh belum bisa dinilai. Semakin besar kode yang ditunjukkan, maka semakin besar pula kanker tersebut berkembang.

Meski sering disebut sebagai tumor ganas, namun kanker payudara tidak selalu muncul dalam bentuk tumor seperti penyakit kanker darah. Setiap satu sel kanker memiliki kesempatan 5 sampai 40 tahun untuk berkembang menjadi tumor kanker. Secara medis hal tersebut dapat terdeteksi ketika ukuran tumor sebesar biji kedelai.

Fase awal yang terjadi pada penderita kanker payudara adalah muncul benjolan kecil pada payudara. Sel-sel dalam tubuh akan memancing perubahan dan perlahan berubah menjadi ganas. Lambat laun genetik sel tersebut akan berkembang menuju fase selanjutnya yang pasti lebih parah. Sel kanker akan mengalami inisiasi pada fase promosi. Selanjutnya sel akan terus tumbuh hingga tulang sehingga penderita akan merasakan nyeri.

Fase berkembanganya sel kanker payudara terjadi dalam tiga hal. Pertama adalah fase permulaan, yaitu tahap awal saat terjadi kerusakan sel. Kedua adalah fase promosi, yaitu perluasan sel yang dapat mempengaruhi kenormalan pekerjaan tubuh manusia. Fase terakhir yaitu progesi adalah saat-saat tumor berkembang luas baik itu dari segi ukuran dan telah menyebar ke bagian organ tubuh lainnya.

Untuk tingkatan kanker payudara di Indonesia sendiri dikenal dengan istilah stadium. Stadium tersebut digolongkan menjadi stadium 0 hingga stadium 4. Sama seperti sistem TNM, penggolongan stadium juga menyatakan seriusnya kanker tersebut.

Stadium 0 merupakan istilah yang dipakai untuk menjelaskan terdapat sel abnormal pada payudara. Namun, sel abnormal tersebut tidak tergolong sebagai kanker invasif. Sehingga untuk ukuran TNNM pada stadium 0 adalah T0 N0 M0.

Stadium awal yang juga disebut sebagai stadium 1 sel kanker telah berkembang dengan cara menyerang jaringan payudara. Lokasi yang diserang pertama kali adalah area sekitar sel tersebut. Hanya saja belum menyebar ke bagian organ tubuh yang lain. Ukuran tumor pada stadium ini kurang lebih mencapai 2 cm.

Tumor pada stadium 2 telah mencapai ukuran 2 cm hingga 5 cm. Ukuran TNM pada stadium ini terbagi menjadi ukuran stadium 2A dan stadium 2B. Meski ukuran sel tumor bertambah besar, namun masih belum menyebar pada organ lain termasuk kelenjar getah bening.

Pada stadium 3, tumor berkembang dan menyebar ke kelenjar ketiak, intra dan supraklavikular. Infiiltrasi tumor terjadi hingga ke fasia pectorlis. Para ahli medis biasanya akan menganjurkan kemoterapi kemudian dilanjutkan dengan mastektomi.

Metastase sudah terjadi ke bagian jauh saat kanker payudara mencapai stadium 4. Perluasan bisa menyerang tulang punggung, tengkorak, hati dan paru-paru. Kemotrapi atau radiasi yang diperlukan akan membantu pasien bertahan hidup lebih lama.

Penjelasan di atas semoga dapat menambah wawasan tentang definisi kanker payudara yang selalu ditakuti wanita. Lebih baik segera periksakan diri apabila mangalami keanehan pada payudara untuk mengantisipasi penyakit mematikan tersebut.

Informasi Terkait Cara Mengatasi Kanker, Tumor, Kista, Miom:

Klik lsyindonesia.com untuk info produk, pemesanan CS SMS/WA: 0896-6631-0260  (Klik Langsung Ke WA)

Pencarian terkait:

  • momok
/* */
%d bloggers like this: