Cara Mencegah Kanker Serviks Secara Alami

Cara Mencegah Kanker Serviks Secara Alami

Penting sekali bagi kita kaum wanita dalam menjaga kesehatan terutama bagian organ intim seperti vagina dan rahim. Di jaman yang telah berkembang dengan pesatnya ini semakin banyak saja pemicu terjadinya serangan penyakit berbahyaa yang menghantui kaum wanita dan salah satunya adalah kanker serviks. Kanker leher rahim atau yang kerap di sebut dengan kanker serviks ini bisa menyerang siapapun jika kurangnya memperhatikan keshatan mulai dari pola hidup hingga berhubungan seksual. Lantas, apakah ada cara pencegahannya agar terhindar dari kanker mematikan ini? berikut akan saya jabarkan apa saja cara mencegah kanker serviks secara alami yang dapat di lakukan oleh kaum wanita.

Cara mencegah kanker serviks yang alami

Dapatkan vaksinasi HPV

  • Bagi kaum wanita maupun laki-laki sangat di sarankan untuk mendapatkan vaksinasi HPV karena, vaksin ini memiliki peran penting dalam menjaga kekebalan tubuh manusia akan terserangya virus yang di tularkan melalui hubungan seksual maupun dari kontraksi kulit ke kulit.

Hindari merokok

  • Dengan megurangi meroko besar kemungkinan bagi wanita terserang penyakit kanker serviks. Untuk tidak merokok adalah suatu cara yang paling penting untuk mengurangi kanker serviks. Hal ini dikarenakan racun yang terdapat pada rokok bersifat oksidatif sehingga bisa memicu pertumbuhan sel kanker dan menjadi lebih ganas.

Menjaga kebersihan vagina

  • Penting seklai bagi kaum wanita untuk menjaga kebersihan vaginanya. Pada saat menstruasi atau keputihan sangat penting sekali menjaga kebersian vagina salah satu cara menjaga kebersihannya adalah dengan menggunakan cairan antiseptic khusus untuk kewanitaan yang memiliki kandungan povidone lodine.

Melakukan hubungan seksual yang aman

  • Hampir 90 % kanker serviks di sebabkan oleh adanya virus HPV yang di sebarkan oleh hasil hubungan seksual dan kontak langsung kulit ke kulit. Virus ini sendiri dapat menyebar melalui hubungan seksual yang tidak aman seperti berganti-ganti pasangan.

Melakukan perawatan kewanitaan seperti pap smear

  • Pap smaear adalah cara yang paling banyak di rekomendasikan untuk mencegah timbulnya kanker serviks. Cara ini memiliki manfaat untuk mendeteksi sel-sel kanker di dalam leer rahim yang dimana akan berpotensi menjadi kanker serviks di kemudian harinya. Maka dari itu anda di sarankan untuk melakukan perawatan pap smear ini secara rutin setiap tiga tahun sekali tanpa harus di sertai test HPV terlebih dahulu.

Makanan pencegah kanker serviks

Bayam

  • Kandungan antioksidan pada bayam dapat membantu menangkal radikal bebas dan bayam juga dapat membantu mengangkat beberapa jenis kanker dan salah satunya adalah kanker serviks.

Gandum

  • Gandum yang utuh memiliki kandungan senyawa antioksidan seperti saponin dan lignin yang juga di percayai dapat membantu tumbuhnya sel kanker untuk menyebar.

Strowberi

  • Buah strowberi iyalah buah yang memiliki manfaat untuk penyakit jantung, kanker dan salah satunya adalah baik juga untuk pencegahan kanker serviks. Ekstrak buah ini dapat menghambat perumbuhan sel-sel kanker yang akan menyebar pada bagian reproduksi wanita.

Selain tanaman dan cara-cara di atas lainnya, masih terdapat cara lain juga dapat di lakukan sebagai cara mencegah kanker serviks secara alami mulai dari stadium awal hingga stadium lanjut. Meskipun kanker serviks terbilang sulit di sembuhkan hingga total, namun tak ada salahnya jika kita mencoba beberapa cara di atas untuk membasmi sel kanker secara bertahap hingga akhirnya hilang. Sekian ulasan yang dapat saya bagikan, semoga dapat bermanfaat untuk anda semua.

Cara Mengobati Kanker Serviks Secara Alami

Cara Mengobati Kanker Serviks Secara Alami

Walau kanker serviks terbilang sulit untuk di sembuhkan walau sudah di tangani dengan berbagai cara. Tapi bukan berarti kecil kemungkinan tidak ada cara dan kesempatan hidup bagi si penderita kanker serviks tersebut. Selain cara medis yang dapat di tempuh sebagai langkah tepat dan cepat untuk memusnahkan sel kanker yang ada di dalam tubuh manusia, terdapat juga cara pengobatan lain yakni cara mengobati kanker serviks secara alami dengan bahan tradisional herbal.

Meskipun kanker serviks tergolong dalam penyakit yang ganas dan mematikan, tapi bukan berarti tanaman tradisional herbal tidak dapat mencegahnya untuk berkembang. Demikian di bawah ini ada beberapa cara pengobatan tradisioan alami dengan bahan herbal yang dapat kita racik di rumah dan di konsumsi dengan rutin:

Tanaman herbal untuk mengobati kanker serviks

Kunyit putih

  • Kunyit putih yang memiliki manfaat baik bagi daerah reproduksi maupun vagina, rahim seperti masalah keputihan, tumor dan dapat membantu mengobati kanker serviks. Untuk dapatkan manfaat dari kunyit putih anda bisa membuat ramuan dari kunyit putih dengan cara merebusnya.

Daun sirsak

  • Selain dapat membatu mengatasi masalah nyeri sendi, asam urat dan lain sebagainya, daun sirsak juga mampu membantu mengatasi penyakit kanker serviks. Untuk mendapatkan manfaat dari daun herbal ini anda bisa merebusnya lalu di saring dan konsumsi sebanyak 2 kali sehari sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

Daun belimbing

  • Siapa di sangka kandungan pada daun belimbing ini ternyata dapat membantu atasi penyakit kanker serviks. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa merendamnya terlebih dahulu lalu di remas hingga keluar sari dari daun belimbing ini.

Tanaman keladi tikus

  • Sejenis dengan tanaman daun talas namun, keladi tikus ini memiliki khasiat yang lebih berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk mendapatkan khasiatnya mudah saja caranya yakni dengan meremas kandungan yang ada di dalam tanaman dengan merendamnya terlebih dahulu dan peras lalu minum.

Kulit manggis

  • Kandungan yang luar biasa pada kulit buah manggis ini baik untuk pengobatan kanker dan salah satunya adalah kanker serviks. Tingginya akan zat antone, mangostin, mangostenol, mangostinon A, mangostenon B dan masih banyak lagi. untuk mendapatkan khasiatnya anda bisa merebus kulit manggis yang sudah dikeringkan alu di minum airnya sebanyak 2 kali sehari.

Jahe

  • Selain dapat di jadikan minuman penghangat serta bumbu masakan, jahe juga memiliki khaiat yang baik untuk penyembuhan kanker serviks secara almi. Sama seperti cara lainnya tanaman jahe ini dapat di ambil khasiatnya dengan cara merebusnya.

Tapak dara

  • Walau terbilang cukup jarang di temukan di Indonesia, tapi tanaman yang satu ini dapat membantu membunuh sel kanker dan juga dapat menghentikan penyebaran kanker itu sendiri. Namun untuk mendapatkan khasiat dari tanaman ini adna bisa mencampurkannya dengan kulit kayu pulasari, adas serta gula merah lalu rebus bersamaan dan saring lalu minum airnya.

Itulah beberapa cara mengobati kanker serviks secara alami yang dapat di lakukan di rumah. cara di atas pun telah teruji dan sudah banyak hasil yang membuktikan bahwa memberikan dampak yang baik setelah mereka mencoba pengobatan dengan mengkonsumsi beberapa ramuan dengan cara di atas. baiklah cukup di sini ulasan yang dapat saya jabarkan pada kesempatan yang baik ini, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba semoga dapatkan hasil memuaskan.

Deteksi dini kanker serviks

Deteksi dini kanker serviks

Kanker serviks sebagian besar pemicu utamanya adalah akibt terinfeksi oleh human papilloma virus atau HPV.  Seagian besar dari penyebaran virus ini iylah karena suka berganti- ganti pasangan saat berhubungan seksual dan kontak kulit ke kulit. Walau terbilang cukup seram dan menghantui para kaum wanita, namun kanker serviks sendiri dapat di sembuhkan secara totoal. Lalu, bagaimana cara kita mendeteksi kanker serviks sedari dini? Berikut akan saya jabarkan beberapa cara deteksi dini kanker serviks yang dapat di lakukan berikut selengkapnya:

Bagaimana cara mendeteksi kanker serviks dari dini?

Ketika kanker serviks masih dalam tahap awal, pada umumnya tidak ada gejala yang terihat. Pada umumnya kanker serviks ini pun dapat terlihat jika sudah memasuki stadium 2. Namun, dengan begitu bukan berarti kanker serviks dapat diketahui sejak dini. Tapii, ada cara yang dapat di lakukan untuk kita deteksi sedari dini kanker serviks itu sendri dengan melakukan pemeriksaan kesehatan yang dapat membantu kita mengetahui sejak awal seperti:

Melakukan test HPV

  • Walau terbilang penyebab utama kanker serviks terjadi karena adanya virus HPV, sehingga membutuhkan perhatian khusus. Namun akan tetapi, test ini baru bisa diberlakukan apabila hasil pemeriksaan kesehatan menunjukan bahwa terdeteksi adanya infeksi virus ini dan dicurigai bahwa terkena kanker serviks.
  • Test ini di rekomendasikan untuk para kaum wanita yang sudah berusia 30-60 tahun dan di sarankan juga untuk melakukannya setiap 5 tahun sekali.

Pemeriksaan kesehatan pap smear

  • Pemeriksaan kesehatan vagina dengan melakukannya pap smear ini memang mengharuskan di mulai dari sejak usia 21 tahun dengan rutin apabila anda sudah menikah mapun telah melakukan hubungan seksual. Para wanita di rekomendasikan untuk melakukan test kesehatan dengan pap smear ini pada 3 tahun sekali.

Mendeteksi kanker serviks sejak dini akan perbesar peluang kesembuhan

Bagi wanita yang terkena kanker serviks, peluang hidupnya cukup sedikit karena kanker serviks sendiri semakin hari akan semakin bertambah stadiumnya. Sehingga dari itu peluang hidup wanita yang terkena kanker serviks dapat terselamatkan jika wanita tersebut dapat mendeteksi sedini mungkin mulai dari gejala hingga pemeriksaan kesehatan pada vaginanya. Di bawah ini ada beberapa peluang hidup bagi wanta terdeteksi kanker serviks:

  • Stadium  lA memiliki peluang hidup 5 tahun lamanya dengan mendatang sekitar 93 %
  • Stadium lB, peluang hidum selama 5 tahun dengan mendatang 80 %
  • Stadium llA peluang hidupnya selama 5 tahun mendatang mencapai 58 %
  • Stadium lllA-lllB, peluang hidupnya 5 tahun mendatang hanya 32-35 %
  • Stadium lanjut maka peluang hidupnya selama 5 tahun mendatang tidak leih dari 15%

Semakin tinggi stadium kanker serviks yang di deritanya, maka peluang hidupnya akan semakin kecil. Maka untuk itu, deteksi dini kanker serviks sangat di perhatikan bagi kaum wanita sebelum menyesal dikemudian harinya. Tidak membutuhkan waktu lama untuk kita memeriksakan kesehatan kita sebagai cara deteksi kanker serviks sedari dini.

Sehat normal terhindar dari serangan kanker serviks, tentu menjadi keinginan semua kaum wanita. Oleh sebab itu kita seagai kaum wanita harus peduli akan kesehatan vagina dan tetap menjaganya degan pola hidup yag baik serta setia pada pasangan. Sekian ulasan yang dapat saya bagian untuk deteksi dini kanker serviks yang mengancam wanita. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua  dan kita terhindar dari ancaman penyakit berahaya tersebut.

Pengobatan Kanker Serviks

Pengobatan Kanker Serviks

Kanker serviks memang terbilang sulit untuk di sembuhkan, namun akan tetapi bukan berarti tidak ada cara yang dapat menggagalkan perkembangannya. Oleh maka dari itu di sini saya akan mengajak kalian semua untuk sama-sama menyimak seputar pengobatan kanker serviks secara alami dengan menggunakan bahan herbal dan juga beberapa metode pengobatan medis yang di antaranya sebagai berikut ulasan selengkapnya:

Pengobatan tradisional kanker serviks

Memang kanker jenis ini terbilang sulit terdeteksi dari sejak dini, namun bukan berarti kecil kemungkinan untuk kita mengatasinya. Conytohnya saja dengan beberapa tanaman obat herbal alami seperti di bawah ini:

Daun tapak dara

  • Dapak dara yang memiliki senyawa aktif yakni vinkristin dan vinblastin yang memiliki manfaat membasmi pertumbuhan sel kanker.

Daun sirsak

  • Bukan rahasia lagi jika daun sirsak dapat mengobati penyakit kanker stermasuk kanker jenis leher rahim ini. dengan kandungan senyawa aktif di dalamnya daun sirsak mmpu memberantas sel-sel kanker yang aktif, membuat sistem kekebalan tubuh dan juga dapat menghindari infeksi mematikan.

Kunyit putih

  • Dengan kandungan minyak atsiri yang di percayai sebagai obat tradisioanal yang mampu membantu mengatasi anti inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh serta antioksidan. Dengan mengkonsumsi ramuan kunyit putih secara rutin dapat membantu mencegah dan mengobati kanker serviks.

Tanaman sarang semut papua

  • Tanaman yang berasal dari papua ini memilikikandungan flavonoid, tookoferol, polifenol, anti kanker, antioksidan, dan lainnya. Dengan kandungan flavonoid di dalamnya, sehingga tanaman ini mampu menghentikan perkembangan dari sel-sel kanker serviks di dalam tubuh.

Pengobatan kanker serviks secara medis

Selain cara alami, terdapat juga cara medis yang dapat di lakukan bagi penderita kanker serviks. Berikut ulasan seputar pengobatan kanker serviks secara medis:

Operasi

  • Cara yang satu ini memang terbilang cara yang banyak di pilih bagi penderita kanker serviks, karena selain dapat mengankat jaringan sel-sel kanker pada rahim cara ini  pun masih memungkinkan si penderita masih bisa memiliki anak. Terdapat 3 metode penanganan kanker serviks yakni:
  • Pelvic eenteration: metode ini iyalah sebuah operasi besar yang hanya akan di sarankan apabila kanker serviks tersebut telah kembali muncul pasca melakukan pengobatan dan sempat sembuh.
  • Radical trachelectomy: cara ini lebih tepat untuk penderita kanker serviks yang sudah terdeteksi pada stadium awal dan akan direkomendasikan kepada wanita yang masih ingin memiliki keturunan. Oprasi yang satu ini juga bertujuan hanya untuk mengangkat leher rahim tanpa mengangkat rahim.
  • Histerektomi: operasi ini iyalah jenis metode pengangkatan rahim wanita. Cara ini sendiri biasanya di lakukan dengan berbagai tujuan tertentu dan salah satunya untuk melakukan operasi kanker serviks stadium awal agar tidak kembali tumbuh lagi.

Kemoterapi

  • Kemoterapi iyalah sebuah cara untuk menghambat pertumbuhan sel kanker serviks, namun cara ini juga dapat di sertakan dengan radioterapi untuk kanker yang sudah memasuki stadium lanjut.

Pemilihan cara yang tepat dan pengobatan yang tepat dapat membantu mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker dan juga dapat membantu mengatasi kanker serviks sedari dini. Jadi untuk itu bagi kita semua kaum wanita harus tetpa berhati-hati dalam memilih makanan, gaya hidup dan juga tetap setiap pada pasangan anda. karena, kanker serviks bisa saja menyerang kita melalui penularan dari berhubungan seksual yang berganti-ganyi pasangan. Sekian ulasan yang dapat saya jabarkan seputar pnegobatan kanker seriks secara alami dan medis, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Cara Mengobati Kanker Serviks

Cara Mengobati Kanker Serviks

Memiliki masalah penyakit kanker tentu bukanlah suatu hal yang mudah untuk di lalui. Karena, kanker sendiri bersifat penyakit yang amat mematikan terlebih lagi kanker servik yang di mana paling banyak mengancam kaum wanita di seluruh penjuru dunia. Kanker yang berada di bagian leher rahim ini jika sudah sampai ke tahap stadium lanjut maka kecil kemungkinan untuk terselamatkan bagi si penderitanya tersebut. Naah, lantas bagaimana cara untuk mengatasi penyakit satu ini? apakah ada cara yang dapat menyembuhkan penyakit ini? bukan cara untuk menyembuhkan yang dapat di lakukan melainkan cara mengobati kanker serviks agar perlahan mati dan tidak berkembang biak dan menyebabkan kematian.

Beberapa cara mengobati kanker serviks yang harus di lakukan:

  • Kemoterapi

Pada umumnya cara ini dapat di gunakan secara berkombinasi dengan radioterapi atau bisa juga hanya dengan kemoterapi saja untuk menangani kanker serviks ini. Cara pengobatan satu ini biasanya di gunakan pada kanker yang sudah memasuki stadium lanjut, metode ini pun digunakan untuk mencegah tumbuhnya sel kanker.

Namun perlu diketahui oleh anda yang ingin melakukan cara pengobatan kanker serviks ini, karena setiap pengobatan yang di jalankan dapat memiliki efek samping. Jadi apapun resiko dari efek samping yang akan di rasakan ada baiknya mendiskusikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

  • Operasi

Cara pengobatan yang satu ini akan membantu mengangkat bagian yang telah terinfeksi oleh adanya virus hingga menyebabkan tumbuhnya kanker. Berikut beberapa di antaranya:

  • Pelivic eenteration: cara ini iyalah sebuah oprasi besar yang mana serviks. Rahim, kemih, vagina, indung telur, tuba dan rectum serta falopi akan di angkat. Hal ini akan mengakibatkan diri anda untuk tidak dapat memiliki anak lagi.
  • Histerektomi: metode ini akan mengakngat serviks dan rahim. Namun hal ini pun tergantung dengan tahap kanker itu sendiri dan mungkin juga di perlukan dalam pengangkatan tuba falopi serta indung telur.
  • Radical trachelectomy: metode ini akan mengangkat jaringan dan serviks di sekitar atas bagian vagina. Namun rahim akan tetap ada pada tempatnya sehingga kemungkinan besar si pelaku operasi ini masih bisa memiliki anak.
  • Radioterapi

Di tahap awal terjadinya kanker serviks, kita dapat mengambil sebuahtindakan dengan melakukan pengobatan radioterapi atau bisa juga di gabungkan dengan operasi. Namun apa bila kanker sendiri sudah memasuki tahap lanjut akan sangat di sarakan untuk melakukan radioterapi yang disertai dengan kemoterapi, hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit dan pendarahan pada si pasien. Pada metode pengobatan yang satu ini, di mana tubuh akan di paparkan langsung dengan radiasi. Dengan metode internal yang di hasilkan oleh sumber radiasi tersebut maka sebuah implant akan di pasangkan pada tubuh pasien guna member radiasi. Terdapat beberapa kasus di mana dua cara pengobatan yang di kombinasikan ini.

Pengobatan kanker serviks dengan cara di atas bukan berarti akan memusnakan sel kanker secara akar hingga tuntas, melainkan cara mengobati kanker serviks di atas iyalah sebuah cara penolongan pertama dalam mengupayakan kesembuhan sebelum kanker semakin parah menyerang organ kewanitaan seseorang.

Baiklah cukup sekian ulasan yang dapat saya paparkan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya ulasan cara mengobati kanker serviks yang sudah saya jelaskan di atas dapat membantu anda dalam memecahkan suatu masalah yang di alami pada saat terserang kanker serviks.

Cara Mencegah Kanker Serviks

Cara Mencegah Kanker Serviks

Kanker leher rahim atau yang lebih dikenal dengan kanker serviks ini, iyalah sebuah pembunuh nomor satu bagi kaum wanita. Bagaimana tidak, karena penyakit ini tak membutuhkan waktu lama akan menyerang bagian rahim dan menyebabkan kematian. Lantas bagaimana cara untuk menatasi kanker serviks ini? adakah cara pencegahan agar terhindar dari penyakit ini? berikut akan saya paparkan seputar cara mencegah kanker serviks sedari dini.

Cara mencegah kanker serviks:

Mencegah adalah cara tepat sebagai pertolongan pertama agar terhindar dari berbagai penyakit termasuk kanker servik salah satunya. Penyakit yang kerap menghantui para kaum wanita ini memang sulit sekali untuk di tangani jika sudah menyerang namun, ada cara pencegahan yang dapat di lakukan sebelum hal itu terjadi dan caranya sebagai berikut ini:

  • Melakukan seks dengan cara yang aman

Hampir sebagian besar kanker serviks yang disebabkan oleh virus HPV ini ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman. Bahkan resiko terinfeksi virus ini pun akan meningkat apa bila sering berganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual.

  • Selalu menjaga kebersihan organ kewanitaan

Pada saat menstruasi dan keputihan kita tetap harus menjaga kebersihan oragn kewanitaan kita agar tetap bersih. Dengan menggunakan cairan berupa antisektip khusus untuk vagina dengan kandungan povidone lodine mungkin bisa di lakukan untuk menjaga kebersihan vagina, terutama pada saat menstruasi.

  • Dapatkan vaksin HPV

Cara pencegahan lainnya adalah dengan melakukannya vaksinasi HPV untuk kaum laki-laki dan wanita agar terhindar dari virus berbahyaa ini. Bagi anda laki-laki dan wanita yang berumur 10 hingga 26 tahun, sangat di sarankan sekali bagi kalian untuk mendapatkan vaksinasi HPV ini.

Hal ini di karenakan paling tepat diberikan untuk mereka yang belum aktif secara seksual. Namun, bagi orang dewasa yang telah aktif secara seksual ini pun jika belum mendapatkan vaksinasi ini, ada baiknya untuk segera melakukan hal ini agar lebih aman. Untuk wanita yang telah aktif secara seksual disarankan untuk lakukan pemeriksaan pap smear dahulu sebelum mendapatkan vaksin ini.

Walau dengan melakukan vaksinasi HPV ini dapat membantu mengurangi resiko kanker serviks, namun bukan berarti cara ini menjamin anda terlindungi sepanjang waktu dari penyakit mematikan ini. Karena dengan menjaga kesehatan diri serta menjaga kebersihan organ intim dengan tidak melakukan hubungan seksual lebih dari satu pasangan adalah cara yang cukup tepat untuk mencegah.

  • Melakukan pemeriksaan pap smear

Sebagai pencegahan pertama penyakit kanker servciks pap smear sangat di anjurkan sekali, sebagai metode screening kegunaan cara ini yakni berfgungsi sebagai pendeteksi sel-sel pada leher rahim yang berpotensi timbulnya kanker. Sangat di sarankan kepada anda kaum wanita untuk pertama kali melakukan pep smaear di usia 21 tahun  dan disarankan juga untuk melakukan pap smear dengan rutin setiap 3 tahun sekali. Dengan begitu lakukan segera pemeriksaan pap smear untuk mengurangi terjadinya resiko kanker serviks.

  • Hentikan kebiasaan merokok

Racun yang terkandung di dalam rokok memiliki sifat oksidatif sehingga dapat menimbulkan tumbuhnya sel kanker dan bertambah ganas. Sehingga dengan mengurangi merokok dapat membantu mencegah resiko terkena kanker serviks.

Naah itu lah cara mencegah kanker serviks yang dapat kita lakukan sedari dini. Dengan melakukan beberapa cara yang telah saya paparkan di atas niscaya hal buruk seperti resiko terkena kanker pun akan sangat jauh pada diri kita.

Makanan Penyebab Kanker Serviks

Makanan Penyebab Kanker Serviks

Kanker serviks yang sebelumnya kita ketahui dapat tumbuh dan berkembang di karenakan adanya infeksi virus HPV dan kurangnya memperhatikan kebersihan vagina serta kerap bergonta ganti pasangan. Namun, siapa menyangka bawah pemicu lain dari timbulnya kanker serviks sendiri iyalah terdapat dari makanan. Ya, pastinya sangat bingung sekali bukan, mengapa pemicu lainnya adalah makanan. berikut akan saya jelaskan beberapa makanan penyebab kanker serviks yang dapat di hindari oleh kita semua agar sehat dan terhindar dari kanker serviks.

Beberapa makanan penyebab kanker serviks yang harus di hindari:

Daging merah

  • Mengkonsumsi daging merah dapat menimbulkan resiko kanker dan salah satunya adalah kanker serviks, kanker kolon, dan kanker payudara.

Daging panggang

  • HPA atau hidrokarbon polisiklik aromatic iyalah kandungan senyawa yang dapat memicu terjadinya kanker, hal ini dikarenakan hasil dari tahap pemanggangan lemak binatang. Oleh sebab itu hindari untuk mengkonsumsi daging panggang seperti sate contohnya.

Buah-buhan dan sayuran yang terdapat kandungan pestisida

  • Penyebab kanker nomor satu adalah pestisida, terlebih lai apa bila kita mengkonsumsi makanan yang langsung terpapar oleh pestisida pada setiap harinya. maka untuk dari itu sebaiknya hindari konsumsi buah beri, apel, dan selada yang tidak di budidayakan secara organic demi menjaga kesehatan tubuh.

Makanan ringan

  • Makanan ringan selain harganya yang murah rasanya pun cukup menggoda di lidah. Namun, makanan ringan dengan rasa yang beragam ini pun tergolong tinggi kandungan sodium yang dapat mengakibatkan hipertensi. Selain itu pun makanan ringan pun dapat memicu kanker karena adanya bahan pengawet, penyedap dan lainnya.

Makanan yang dipanaskan menggunakan microwave

  • Makanan yang di panaskan menggunakan microwave menjadi salah satu pemicu kanker. Terlebih jika menggunakan tempat pelastik yang akan menyebarkan racun kimia pada saat di panaskan. Selain itu microwave pun memiliki kandungan kimia yang di klaim bisa menyebabkan infertilitas, pancreas, testis dan kanker.

Soft dringk

  • Apapun jenis dan mereknya, minuman ini sangat mengganggu kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan kalori yang tinggi, gula, serta zat tambahan yang sama sekali tidak memiliki nutrisi. Oleh maka dari itu di klaim bahwa mengkonsumsi soft drink dapat meningkatkan resiko kanker.

Makanan yang mengandung alcohol

  • Alkohol pada dasarnya memang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jika mengkonsumsi secara berlebihan maka hal ini pun akan memicu timbulnya sel kanker di bagian mulut rahim. Oleh maka dari itu sebaiknya hindari makanan maupun minuman yang mengandung alkohol atau tape.

Makanan diet

  • Menjaga bobot tubuh agar tetap ideal dan mengkonsumsi makanan diet adalah salah satu cara tepat bagi kaum wanita untuk menjaga berat badan agar tidak kegemukan. Namun, akan tetapi makanan ini sangat berbahya karena terdapat kandungan yang berdampak bahaya untuk kesehatan tubuh kita dan salah satunya dapat menyebabkan kanker, cacat pada bayi serta gangguan jantung dan lainnya.

Naah itulah beberapa makanan penyebab kanker serviks yang dapat kita perhatikan untuk di konsumsi pada setiap harinya. Jadi mulailah mengubah pola makan anda sedari dini agar tidak terserang berbagai penyakit seperti kanker serviks. Baiklah sekian ulasan yang dapat saya bagikan di atas mengenai apa saja makanan yang dapat memicu terjadinya kanker serviks. Semoga ulasan di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk anda semua dalam mengatasi masalah kanker ini.

Penyebab Kanker Serviks

Penyebab Kanker Serviks

Membicarakan kanker serviks atau yang kerap di sebut dengan kanker leher rahim ini, tentu bukan suatu hal yang tak asing di telinga kita. Ya, kanker serviks iyalah sebuah penyakit yang dapat terjadi pada kaum wanita dimana, saat sel-sel di leher rahim yang tidak normal dan berkembang dengan tidak terkendalinya. Sehingga sel abnormal ini pun dapat berkembang dengan begitu cepatnya dan memicu terjadiya tumor pada serviks. Tumbuhnya tumor ganas tersebut jika nantinya sudah berkembang maka menjadi salah satu penyebab kanker serviks itu sendiri. Nah di bawah ini saya akan membagikan beberapa faktor penyebab kanker serviks yang dapat di perhatikan oleh kita sebelum penyakit ini menyerang.

Faktor penyebab kanker serviks yang perlu di perhatikan:

Memang pada dasarnya kaum wanita beresiko terserang kanker serviks. Namun akan tetapi beberapa penyebab di antaranya tanpa kita sadarimenjadi faktor yang dapat memperbesar tumbuhnya kanker ini.

  • Terinfeksi huma papilloma virus

Virus yang satu ini dapat menyebar pada bagian leher rahim yang ditularkan melalui kulit dan juga oleh adanya penularan dari berhubungan seksual. Maka dari itu cara pencegahan kanker serviks ini adalah dengan menggunakannya pengaman pada saat berhubungan dan juga ada baiknya untuk menghindari penggunaan jarum suntik bekas.

  • Akibat hubungan seks di usia muda

Pada usia dini semisal 17 tahun tentunya organ produksi di dalam tubuhnya bekum berkembang secara sempurna, sehingga sel-sel di dalam tubuhnya pun belum  cukup lengkap. Maka dari itu perempuan yang di bawah umur 17 tahun jika sudah melakukan hubungan seksual akan mengalami dua kali lebih mudah terkena kanker serviks.

  • Penggunaan pil KB

Menggunakan pil KB dalam jangka panjang pun menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker serviks. Hal ini di karenakan pil KB memiliki kandungan yang dapat menyebabka resiko kanker serviks.

  • Menderita obesitas

Kelebihan berat badan bukan hanya mengganggu penampilan dalam diri dan menimbulkan dampak lainnya saja, melainkan perempuan yang mengalami obesitas cenderung memiliki resiko lebih besar untuk terancam kanker serviks.

  • Sistem daya tahan tubuh yang melemah

Sistem imun yang melemah dapat memicu timbulnya berbagai penyakit dan salah satunya adalah kanker serviks ini. pada saat sistem imun tubuh seorang wanita melemah maka kan mudah juga penyebaran virus HPV untuk menginfeksi bagian leher rahim dan berkembang menjadi kanker serviks dalam waktu yang singkat saja.

  • Pasangan yang berganti ganti

Sering berganti pasangan adalah salah satu penyebab terinfeksi virus. Dengan sering berganti pasangan, tanpa di sadari hal ini semakin membesarkan peluang bagi diri anda sendiri untuk terserang kanker serviks. Karena seperti yang sudah kita ketaui bahwa penyakit ini dapat di tularkan melalui kulit ke kulit dan hubungan seksual.

  • Wanita yang gemar merokok
  • Kareana adanya faktor keturunan atau gen
  • Memiliki anak pada usia yang masih muda dan melahirkan anak lebih dari 7 kali
  • Kurangnya mengkonsumsi buah-buhan dan sayuran segar

Penyebab kanker ini sendiri tentu dapat kita atas dengan mengubah pola hidup[ dan cara kita menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Karena penyakit satu ini akan sangat mengancam sekali bagi para kaum wanita yang tak menyadari bawah pentingnya menjaga kesehatan. Baiklah saya akhiri ulasan pada kesempatan kali ini, semoga artikel penyebab kanker serviks di atas dapat membantu anda semua untuk lebih memperhatikan lagi setiap hal dan tindakan yang di lakukannya.

Ciri Ciri Kanker Serviks

Ciri Ciri Kanker Serviks

Kanker leher rahim atau yang lebih kita kenal lagi dengan kanker serviks ini, iyalah sebuah penyakit mematikan yang dapat kapan saja menyerang kaum wanita Indonesia. Lantas bagaimana cara kita menghindari kanker berbahaya ini? caranya hanya satu yaitu “ mengetahui apa saja ciri-ciri kanker serviks itu sendiri sejak dini. Penyakit yang satu ini iyalah sebuah penyakit yang menyerang organ produksi pada wanita dan disebabkan oleh adanya virus, virus itu sendiri bernama “human papilloma virus”. Kondisi seperti ini pun pada umumnya akan disadari apabila kanker sudah memasuki stadium lanjut. Oleh sebab itu memperhatikan ciri-cirinya sejak dini untuk mencegah terjadinya kanker serviks.

Beberapa ciri-ciri kanker serviks yang peru di perhatikan:

Memang penyakit yang satu ini terbilang cukup sulit di kenali dari sejak dini, namun akan tetapi kita masih punya cara untuk mengetahui beberapa ciri dari kaner serviks itu sendiri. Berikut beberapa ciri-ciri kanker serviks yang harus di perhatian dari sejak dini:

  • Keluar urin atau fase dari vagina

Kanker serviks iyalah sebuah penyakit yang menyerang leher rahim. Kanker ini pun dapat mempengaruhi sistem fungsi vagina. Pada memasuki stadium lanjut, kanker serviks akan menimbulkan bocornya urin atau terjadinya pengeluaran tinja pada vagina.

  • Urin yang disertai darah

Pada saat anda berkemih dan terdapat urin yang bercampur darah, maka segera lakukan tindakan konsultasi ke dokter anda.  Karena hal ini bisa saja menjadi salah satu tanda bahwa anda mengalami kanker serviks.

  • Kerap alami konstipasi

Pada kondisi kanker serviks yang telah menyebar sampai ke usus besar, maka potensi akan memicu terjadinya konstipasi atau sembelit. Hal ini pun dapat terjadi pada saat kanker serviks telah memasuki stadium lanjut.

  • Mengalami pembengkakan pada salah satu tungkai

Memasuki stadium lanjut kanker serviks sendiri pada umumnya akan menimbulkan beberapa komplikasi yang terjadi. Salah satu dari komplikasi tersebut adalah pembengkakan pada tungkai. Hal ini bisa saja terjadi pada saat sel kanker menekan pembuluh darah di panggul sehingga, dapat menghambat terjadinya sirkulasi ke tungkai.

  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil

Mengalami rasa sakit pada saat buang air kecil hingga tidak dapat menahan diri untuk ke toilet, ini harud I perhatikan bagi para kaum wanita. Karena hal ini salah satu dari beberapa ciri-ciri kanker leher rahim tersebut. Biasanya kondisi ini akan timbul pada saat sel kanker telah tumbuh dan mengelilingi leher rahim dan akan menyebar ke kantung kemih.

  • Kerap merasa nyeri pada saat berhubungan seksual

Sel kanker yang sudah memasuki stadium lanjut akan memicu sebuah tanda yang beragam dan salah satunya adalah kerap merasa nyeri panggul pada saat melakukan hubungan seksual. Rasa nyeri itu sendiri membuat anda merasa tak nyaman disaat melakukan hubungan seksual.

  • Kerap mengalami keputihan yang tidak biasa terjadi pada umumnya kaum wanita
  • Pendarahan pada bagian vagina secara tidak normal
  • Lebih sering merasa lelah
  • Nafsu makan yang berkurang

Beberapa ciri-ciri kanker serviks yang saya paparkan di atas bisa juga oleh karena adanya penyakit lain pada tubuh anda namun, tidak ada salahnya juga bagi para kaum wanita untuk memperhatikan beberapa gejala hingga ciri dari penyakit berbahyaa seperti kanker serviks yang dapat menyerang kapan saja. Baiklah cukup sekian ulasan pada kesempatan kali ini semoga dapat memberikan manfaat kepada anda semua.

Cara Mendeteksi Kanker Serviks Sendiri

Cara Mendeteksi Kanker Serviks Sendiri

Kanker serviks memang terbilang sangat menghantui para kaum wanita, bahkan kanker serviks ini sendiri bisa saja menyerang wanita tanpa mengenal usaia dan latar belakangnya. Kebanyakan wanita yang terserang kanker serviks ini pada usia yang memasuki produktif. Lantas, bagaimana cara kita untuk mendeteksi apakah rahim kita sehat atau tidak? Dan aman atau tidaknya rahim kita dari penyebaran sel kanker serviks? Di sini kita dapat mengatasinya dengan cara mendeteksi kanker serviks sendiri karena, dengan sendiri kita akan mengetahui bagaimana reaksi dari perkembangan kanker itu sendiri. Memang cara ini trebilang cukup sedikit sulit di lakukan namun, jangan khawatir karena saya akan menjabarkan seputar caranya di bawah ini.

Cara mendeteksi kanker serviks dan tanda-tandanya

Melakukan test pap smear

melakukan pap smear memang sangat di anjurkan untuk wanita dewasa maupun remaja yang telah memasuki usia 21 tahun, alasan melakukan cara ini adalah:

  • Melakukan pap smear baik untuk mengurangi resiko erserang kanker serviks
  • Pap smear pun mudah di lakukan dan tidak menimbulkan rasa sakit dan dapat di lakukan berulang kali setiap 3 tahun sekali
  • Biaya test pap smear ini pun sangat terjangkau dan jauh lebih murah ketimbang biaya penanganan kanker serviks.

Saat berhubungan seksual terasa sakit

  • Wanita yang terdeteksi terkena kanker serviks pada umumnya jika melakukan hubungan seksual dirinya akan merasakan sakit, bahkan kerap kali disertakan adanya pendarahan.

Kerap alami keputihan yang tidak normal

  • Kerap mengalami keputihan yang tidak normal seperti warna pada cairan vagina tersbeut berubah menjadi bau, kecokelatan, pucat dan encer dengan di sertai darah sangat dikhawatirkan bahwa wanita itu terkena kenkar serviks.

Menstruasi abnormal

  • Wanita yang sehat akan mengalami menstruasi dengan tingkat darah yang cukup banyak, namun wanita yang terdeteksi kanker serviks memiliki perbedaan khusus yakni ia akan mengeluarkan darah lebih banyak dan berlebih.

Kerap merasakan sakit di bagian paha

  • Wanita yang terdeteksi kanker serviks dengan memasuki stadium lanjut akan merasakan sakit pada bagian pahanya dan alah satu dari pahanya akan mengalami kebengkakan, kurangnya nafsu makan, berat badan yang tidak stabil sulit buang air kecil dan akan mengalami pendarahan yang mengejutkan.

Sakit pada saat buang air kecil

  • Kanker serviks yang sudah mulai menerobos tahapnya akan menimblkan rasa sakit pada setiap kali penderita ingin buang air kecil. Rasa sakit yang di alaminya pun akan tidak karuan serta si penderita tidak dapat menahan diri untuk pergi ke kamar kecil.

Itulah beberapa cara mendeteksi kanker serviks sendiri yang dapat anda lakukan. jikalau anda merasakan hal-hal yang tercatat di atas harap segera periksakan diri anda ke dokter pribadi maupun klinik kesehatan terdekat. Karena penyakit yang satu ini dapat menyerang kapan saja tanpa mengenai usia pelakunya. Jadi mencegah lebih baik sebelum terjadi suatu hal yang lebih fatal dari gejala yang di alami saat ini.

Sekian ulasan yang dapat saya jabarkan di atas mengenai cara mendeteksi kanker serviks sendiri untuk di lakukan di rumah ataupun sekedar lebih memperhatoikan kesehatan diri anda. semoga dengan ulasan yang telah saya jabarkan di atas dapat membantu kita semua sebagai kaum wanita indoneisa untuk lebih jauh lagi akan tertular maupun terinfeksi kanker serviks yang mematikan ini. Selamat mencoba cara-cara di atas yang harus di perhatikan.